Senin, 16 Agustus 2010

Liputan6.com, Manchester: Manchester United tidak menemui kesulitan berarti dalam menuai poin sempurna di partai pembuka Liga Premier musim ini. Melakoni partai kandang di Old Trafford, Senin (16/8) atau Selasa dini hari WIB, MU mempecundangi Newcastle United 3-0.
Tiga gol MU masing-masing disumbang Dimitar Berbatov, Darren Fletcher, dan Ryan Giggs. Hasil ini membuat MU menempati peringkat tiga di klasemen sementara Liga Premier dengan poin tiga, kalah selisih gol dari Chelsea dan Blackpool yang lebih baik untuk urusan selisih gol.
Manajer MU Sir Alex Ferguson menerapkan skema 4-4-2 dengan menurunkan skuad terbaiknya. Wayne Rooney yang kondisinya diperkirakan belum 100 persen fit setelah berlaga di Piala Dunia tetap menghuni starting eleven. Nemanja Vidic dipercaya sebagai kapten mengomandoi lini pertahanan, dan di tengah dikoordinir Paul Scholes.
Dari The Magpies, manajer Chris Hughton menumpuk lima gelandang, salah satunya mantan awak MU Alan Smith. Striker muda Andy Caroll menempati posisi ujung tombak. Tempat Steven Taylor yang absen akibat cedera diisi Mike Williamson yang berduet bersama Fabricio Coloccini di jantung pertahanan.
Ancaman pertama datang dari Newcastle di menit ke-10 ketika Andy Caroll menerima sepak pojok. Sundulan dari striker berkuncir yang lepas dari kawalan tersebut melebar. MU yang kesulitan menemukan bentuk permainan terbaiknya di awal mulai dominan di pertengahan babak pertama. Pertahanan Newcastle dikurung. Peluang diperoleh Rooney pada menit ke-31, tapi tendangan setengah volinya melambung jauh.
Dimitar Berbatov pasang taji di menit ke-33. Lolos dari perangkap offside, Berbatov meneruskan umpan terobosan Paul Scholes dengan tendangan yang mengarah ke pojok bawah tiang jauh. MU unggul 1-0. Kemenangan MU bertambah tiga menit sebelum istirahat. Kerjasama Nani dan Patrice Evra di sisi kanan pertahanan lawan diselesaikan Darren Fletcher dari jarak dekat dengan jitu. Skor 2-0 dan bertahan hingga babak pertama usai.
Selepas jeda, Newcastle tidak diberi kesempatan untuk keluar dari tekanan. MU memiliki kesempatan menambah keunggulan pada menit ke-54 ketika Berbatov menerima umpan matang Rooney hasil kerjasama satu dua yang baik. Tapi sepakan Berbatov melebar.
Pergantian pemain dari MU. Ferguson menarik keluar Rooney dan mengaktifkan Javier Hernandez. Hughton berambisi mengejar gol balasan dengan memasukkan satu tambahan penyerang, Shola Ameobi. MU terus mengontrol permainan dan pada menit ke-82 Berbatov kembali gagal menuai gol keduanya. Kali ini digagalkan kiper Newcastle Steve Harper.
Lima menit menjelang bubaran gol indah Ryan Giggs menutup kemenangan The Red Devils. Umpan Scholes disambut Giggs dengan melepaskan tendangan voli untuk mempecundangi Harper. Skor 30 bertahan hingga pertandingan usai.
Susunan pemain:
Man Utd: Van der Sar: OShea, Vidic, Jonathan Evans, Evra (Rafael 87); Valencia, Fletcher (kk), Scholes (kk), Nani (Giggs 71); Berbatov, Rooney (Hernandez 63).
Newcastle: Harper; Perch (kk), Coloccini, Williamson, Jose Enrique; Routledge, Smith, Nolan (Ameobi 71), Barton (kk), Gutierrez (Xisco 81); Carroll.
Wasit: Chris Foy.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar